Tips Membuka Bisnis Sembako

5+ Alasan Mengapa Harus Membuka Bisnis Sembako Grosiran Serta Cara Memulainya

Diposting pada


Supplier grosiran murah, supplier sembako grosiran, supplier bahan makanan grosir, supplier snack grosiran, supplier beras grosiran

Fastpay 

Berbeda dengan bisnis lainnya, bisnis sembako grosiran bisa dikatakan sebagai salah satu bisnis yang mudah dilakukan. Mengapa bisa demikian? Karena hampir semua orang bisa melakukannya. Bukan hanya itu saja, bisnis ini juga bisa dikatakan sebagai bisnis yang bisa dimulai dengan modal yang kecil, maupun dengan modal dalam jumlah yang cukup besar sekalipun.

Meskipun demikian, banyak orang yang masih belum memahami bagaimana cara untuk memulai bisnis ini. Oleh karena itu, khusus dalam pembahasan kali ini, akan dibahas mengenai cara hingga beberapa alasan mengapa Anda harus memilih bisnis sembako hingga cara menjadi supplier sembako grosiran ini. Untuk itu, yuk simak sejumlah informasinya berikut ini!

5 Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Bisnis Sembako Grosiran

Seperti yang telah disebutkan di awal, bahwa bisnis berupa sembako grosiran, yang mana Anda berperan sebagai supplier grosiran murah, bisa dibilang sebagai bisnis yang mudah dilakukan. Namun sebenarnya, bukan hanya itu saja, bisnis sembako dalam bentuk grosiran ini juga ternyata memberikan sejumlah keuntungan lainnya.

Apa saja keuntungan-keuntungan tersebut? dan mengapa Anda disarankan untuk membuka bisnis yang satu ini? Jawabannya bisa Anda temukan di bawah ini. Diantaranya:

1.Mudah Dilakukan oleh Siapa Saja

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa bisnis berupa sembako grosiran ini merupakan bisnis yang mudah dilakukan. Dalam arti, bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Baik itu oleh pelaku bisnis yang masih pemula, maupun yang telah berpengalaman (profesional) sekalipun.

2. Setiap Orang Membutuhkan Sembako

                                                                         Baliinews 

Istilah sembako ditujukan kepada berbagai barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari yang terdiri dari 9 macam. Diantaranya beras, minyak goreng, terigu, gula pasir, telur, susu, garam, mie instan, serta minyak tanah/gas. 

Baca Juga  Tips Bisnis Bahan Bangunan yang Perlu Anda Ketahui

Dengan kata lain, saat Anda membuka bisnis sembako maupun berperan sebagai supplier beras grosiran misalnya, maka tentunya hal tersebut sangatlah menguntungkan. Mengapa bisa dikatakan demikian? 

Karena hampir semua orang membutuhkan beras dan kebutuhan pokok lainnya yang termasuk ke dalam sembilan bahan pokok (sembako) ini. Dengan kata lain, bisnis yang Anda jalankan tersebut tidak akan menjadi sepi pembeli. Selama Anda tidak memiliki saingan yang berlokasi dekat dengan tempat Anda berjualan.

3. Bisa Dimulai dengan Modal Kecil Maupun Besar

Bagi Anda yang berniat untuk membuka bisnis sembako dalam skala kecil, maupun yang berniat untuk menjadi supplier snack grosiran, selain membuka bisnis sembako tersebut, maka Anda tidak perlu menyiapkan modal yang besar.

Sementara bagi Anda yang berniat untuk mengembangkan bisnis sembako yang telah Anda jalankan tersebut menjadi bisnis sembako grosiran, maupun yang merangkap sebagai supplier snack serta supplier bahan makanan grosiran, maka Anda bisa menambahkan modal lagi, sesuai dengan jumlah modal yang dibutuhkan.

4. Stok Barang yang Mudah Didapat

Layaknya membuka bisnis berupa bahan makanan, Anda yang menjadi supplier bahan makanan maupun sembako ini tidak perlu merasa khawatir untuk mendapatkan stok barang yang akan Anda jual di toko Anda nantinya.

Hal ini dikarenakan, setiap bahan makanan maupun sembilan bahan pokok (sembako) ini merupakan jenis barang-barang yang mudah ditemukan/didapat. Dengan kata lain, bilamana barang-barang tersebut telah habis terjual, maka Anda bisa menyetoknya kembali dengan mudah, tanpa harus menunggu lama.

5. Terjangkau oleh Semua Kalangan

Alasan lainnya mengapa Anda harus membuka bisnis sembako grosiran ini yaitu karena memang harga dari setiap bahan-bahan pokok (sembako) tersebut bisa dikatakan terjangkau. Sehingga setiap orang masih bisa untuk membelinya.

Baca Juga  6 Usaha Franchise Makanan Paling Laris di Indonesia

Cara Memulai Bisnis Sembako dalam Bentuk Grosiran

Meskipun memulai bisnis sembako grosiran ini terbilang mudah, dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun tak bisa dipungkiri, bahwa masih banyak orang yang belum memahami mengenai cara untuk memulai bisnis yang satu ini.

Untuk itu, Anda bisa mempelajari mengenai cara untuk memulai bisnis sembako dalam bentuk grosiran ini seperti yang akan dijelaskan di bawah ini. Diantaranya:

1.Melakukan Perincian Daftar Barang yang Akan Dijual 

Untuk memulai bisnis sembako dalam bentuk grosiran, maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu merinci barang-barang yang akan Anda jual nantinya. Hal ini perlu dilakukan untuk menghitung dan memperkirakan berapa jumlah modal yang Anda perlukan nantinya.

2. Menganalisa Modal

                                                               Pikiranrakyatbanten

Sebagai salah satu pelaku bisnis yang berniat menjadi supplier sembako grosiran, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan setelah melakukan rincian daftar barang yang akan dijual ini yaitu dengan menganalisa modal. Pastikan bahwa bahan-bahan pokok (sembako) yang akan Anda beli sebagai stok barang tersebut, sesuai dengan jumlah modal yang Anda miliki.

3. Mulai Mencari Tempat Usaha

Selain memikirkan barang-barang yang akan Anda jual, Anda juga tentunya harus memikirkan mengenai tempat untuk menjual bahan-bahan pokok tersebut nantinya. Bagi Anda yang memiliki tempat sendiri, tentunya Anda tidak perlu memikirkan mengenai uang sewa.

Namun bagi Anda yang berencana untuk menyewa tempat usaha, maka Anda juga harus memikirkan mengenai uang sewa yang harus Anda bayarkan nantinya. Untuk itu, selain mengalokasikan modal yang Anda miliki untuk membeli beberapa bahan pokok (sembako) yang akan Anda jual, Anda juga bisa menyisihkan sedikit dari modal tersebut untuk biaya sewa tempat usaha.

Baca Juga  9 Pilihan Franchise Makanan di Bawah 10 Juta untuk Bisnis Anda

4. Mencari Distributor Terpercaya

Untuk mendapatkan sejumlah sembako dengan harga murah, tentunya Anda membutuhkan distributor sembako yang terpercaya. Dimana dengan memilih distributor sembako terpercaya tersebut, Anda bukan hanya bisa mendapatkan bahan-bahan pokok (sembako) dengan harga murah saja, namun juga berkualitas.

5. Menetapkan Harga Barang

Setelah membeli bahan-bahan pokok dari beberapa distributor yang telah Anda percayai, maka sebelum Anda mulai menjual bahan-bahan pokok tersebut, maka tentunya Anda perlu menetapkan harga barang yang akan Anda jual tersebut. Pastikan bahwa harga dari bahan-bahan pokok tersebut tidak terlalu mahal, namun juga tidak terlalu rendah dari harga saat pembelian. 

6. Membangun Relasi dengan Konsumen

                                                                          Aplikasisuper 

Meskipun mungkin bisnis yang Anda jalani tersebut merupakan bisnis yang menjual bahan makanan serta bahan-bahan pokok yang sangat dibutuhkan masyarakat. Namun satu hal yang perlu Anda ingat adalah, sebagai supplier bahan makanan grosiran serta supplier dari sembako grosir, Anda juga perlu membangun sebuah relasi yang baik dengan para konsumen Anda.

Dengan demikian, para konsumen Anda akan merasa nyaman saat berbelanja di tempat Anda. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan melakukan pembelian kembali di tempat/toko Anda tersebut, meskipun mungkin ada banyak kompetitor/pesaing yang membuka bisnis sembako grosiran yang sama.
Itu dia beberapa alasan mengapa Anda harus membuka bisnis sembako grosiran. Bukan hanya itu saja, dalam ulasan diatas juga telah dijelaskan mengenai cara-cara untuk memulai bisnis tersebut. Khususnya bagi Anda yang berniat untuk menjadi supplier grosiran murah. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.