Tips Memulai Bisnis Event Organizer

5+ Tips dalam Memulai Bisnis Event Organizer yang Menjanjikan!

Diposting pada


Unsplash.com

Demi kepraktisan dalam mengayakan acara, kini banyak orang yang memilih untuk menggunakan Event Organizer—EO. Oleh sebab itulah, EO menjadi salah satu bisnis yang banyak dicari. Jika Anda tertarik Anda bisa memulai bisnis Event Organizer saat ini juga. 

Apa itu Event Organizer?

Event Organizer atau pengorganisir acara atau sederhananya ialah jasa penyelenggara acara. Di mana tujuan adanya Event Organizer yakni untuk meraup keuntungan dari kedua belah pihak, baik itu penyelenggara ataupun peserta hadir.

Banyak orang yang memilih menggunakan jasa penyelenggara acara sebab praktis serta hemat waktu.

Unsplash.com

Event Organizer memiliki tugas dalam mengorganisir seluruh acara sesuai aspek kebutuhan, melakukan koordinasi dengan vendor hingga mengatur jadwal mulai dari technical meeting hingga gladi bersih.

Anda yang menyenangi bidang ini, peluang bisnis Event Organizer keuntungan-nya cukuplah menguntungkan. Namun untuk memulai bisnis usaha ini tentunya Anda harus mempelajari banyak hal.

Tips Memulai Bisnis Event Organizer

Dalam memulai bisnis Event Organizer ada banyak hal yang harus diperhatikan. Hal-hal ini menjadi landasan keberhasilan Event Organizer yang Anda buat. 

Di bawah ini tips dalam mengawali bisnis Event Organizer yang harus Anda pahami.

  1. Bentuk Tim yang Solid

Pertama dalam membuka bisnis Event Organizer Anda harus membentuk tim inti yang bersikap solid. Di mana tim yang dibentuk ini merupakan hasil tunjukan sebagai panitia inti penyelenggara acara.

Acara yang besar tidak dapat digelar secara sendirian, oleh sebab itu sangat penting dalam membentuk tim inti yang solid. 

 Tim yang dibentuk harus terdiri dari orang-orang yang memiliki daya kreatif serta kemauan untuk bekerja keras. 

Bentuklah tim sesuai dengan skala acara tersebut, biasanya semakin banyak anggota tim maka akan semakin sulit untuk mengambil keputusan sebab banyaknya ide yang dituang.

Baca Juga  5+ Alasan Mengapa Harus Membuka Bisnis Sembako Grosiran Serta Cara Memulainya
  1. Lihat Peluang dan Segment Event

Selain dari membentuk tim yang solid, lihat juga peluang dan segment eventnya, di mana Anda bisa mempelajari trend-trend yang hadir saat itu, seperti isu, tren warna dan lainnya.

Riset yang dilakukan ini akan menghadirkan ide luar biasa dalam melakukan modifikasi produk yang unik, sesuai trend dan tentunya dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

usaha bisnis Event Organizer sangat dilirik oleh kebanyakan orang, maka agar Anda bisa bersaing berikan tawaran terbaik sesuai dengan riset dan trend saat itu.

  1. Bangun Relasi

Membangun relasi menjadi salah satu landasan terpenting untuk mendapatkan klien. Bangunlah relasi seluas-luasnya, misalnya menghadiri acara-acara yang berkaitan dengan acara pernikahan, festival musik, serta jenis acara lainnya kemudian berkenalan dengan orang baru.

Unsplash.com

Anda bisa memperkenalkan bisnis Event Organizer pada banyak orang sehingga peluang untuk mendapatkan klien semakin besar.

Selain membangun relasi secara nyata, Anda pun bisa melakukan promosi melalui internet seperti jaringan sosial atau website.

Dengan luasnya relasi yang Anda bangun, maka keuntungan yang diraih semakin besar. Jadi, jangan malas untuk membangun relasi, ya!

  1. Atur Secara Profesional

Mengatur rencana dengan professional menjadi kunci keberhasilan dalam menyelenggarakan suatu event. 

Di mana Anda membuat perencanaan yang lebih detail mengenai waktu dan tempat, konsumsi, pihak yang ikut terlibat dan masih banyak hal lain yang menjadi pendukung acara terselenggara.

Menjadi seseorang yang membuka bisnis event-organizer harus memiliki rasa kepedulian yang tidak mengenai hal-hal detail. 

Misalnya terkait konsumsi, maka detailnya bukan hanya memutuskan menu pilihan saja, namun juga bagaimana cara menyajikan dalam acara, bagaimana peserta mendapat konsumsi hingga hal sepele seperti warna tisu pun tidak boleh luput untuk diperhatikan.

  1. Manfaatkan Teknologi Informasi

Memanfaatkan teknologi informasi dalam melakukan promosi atau iklan mengenai bisnis yang Anda jalankan, Event Organizer. 

Baca Juga  Tips Bisnis Bahan Bangunan yang Perlu Anda Ketahui

Dengan melakukan iklan atau kampanye promosi secara online, sama halnya dengan memperkenalkan kepada masyarakat yang terhubung melalui internet, sehingga mereka yang melihatnya akan tertarik dengan promosi iklan Event Organizer milik Anda.  

Perkembangan usaha Anda akan semakin berhasil dengan adanya melakukan promosi atau iklan, sebab banyaknya dikenal oleh masyarakat luas dan diingat oleh para pengguna internet.

Hal inilah yang menjadikan betapa pentingnya promosi dan iklan dan mensukseskan bisnis yang dijalankan. 

Demikianlah poin-poin dalam memulai bisnis Event Organizer. Dengan melaksanakan tips-tips tersebut Anda bisa menyelenggarakan bisnis tersebut dengan lebih baik.

Jenis-jenis Event Organizer

Unsplash.com

Ada banyak jenis pelayanan Event Organizer yang mana jenis pelayanan ini ialah sebagai berikut:

  1. EO—One Stop Service Agency

One Stop Service Agency ialah mereka yang menawarkan jasa untuk menyelenggarakan berbagai jenis acara dengan skala besar baik itu dari tingkat lokal maupun internasional.

Event Organizer EO sendiri memiliki tanggung jawab penuh terkait tempat, dekorasi dan hal-hal yang berkaitan dengan event sesuai kebutuhan dan atau keinginan klien.

Salah satu contoh acara yang dilaksanakan oleh Event Organizer EO yakni berupa pagelaran yang melibatkan peserta banyak seperti pesta akbar atau musik.

  1. MICE 

Selanjutnya jenis pelayanan Event Organizer ialah MICE—Meeting, Incentive, Conference, Exhibition. 

Sederhananya Event Organizer satu ini merupakan penyelenggara acara yang bersifat formal, professional, serta entertainment.

Salah satunya acara pesta maupun tour setelah tujuan awal acara perusahaan terwujud.

Kegiatan yang berkaitan dengan MICE di antaranya Forum, Press Conference, Congress , Convention, Workshop, Seminar, Simposium, hingga Meeting, yang paling umum ialah Event Organizer webinar.

  1. Brand Activation

Jenis pelayanan lain yang diberikan oleh EO—Event Organizer ialah Brand activation atau aktivasi merek. 

Baca Juga  Tips Bisnis Ekspor Impor Pemula Sampai Sukses

Di mana acara ini merupakan bentuk kegiatan dari promosi suatu brand/merek dengan melakukan interaksi secara langsung dan lebih dekat dengan para konsumen melalui kegiatan menarik.

Di sini EO memiliki tugas dalam mengadakan acara untuk membantu klien dalam mempromosikan merek atau produknya sebagai upaya meningkatkan penjualan.

Salah satu EO brand activation bisa berupa Event Organizer bazaar.

Salah satu bentuk brand activation menurut Wallace, 2012, terdiri dari Direct Marketing Activation, Social Media Activation, Promotions Activation, Marketing Event Activation dan Sponsorship Activation.

  1. Musik dan Hiburan

Jenis EO pelayanan acara musik dan hiburan biasanya menyelenggarakan suatu acara hiburan baik itu secara langsung ataupun di televisi. 

Salah satu contoh acara yang diselenggarakannya berupa festival band—musik, karnaval, festival budaya dan sejenisnya ataupun dengan konsep event online organizer

  1. Pernikahan

EO pernikahan memiliki tugas dalam penyelenggaraan acara pernikahan klien atau pelanggan. Di mana konsep yang diciptakannya berpengaruh pada momen acaranya. Konsep yang kreatif akan memberikan momen yang berkesan kepada klien.

  1. Ulang Tahun

Terakhir jenis Event Organizer ialah acara ulang tahun. Umumnya pesta ulang tahun skala besar membutuhkan jasa Event Organizer untuk mengaturnya. Biasanya yang sering EO jumpai adalah acara pesta anak remaja seperti ulang tahun ke-17.Nah itulah keenam jenis Event Organizer yang dapat dijalankan, keenam jenis tersebut memiliki peluangnya tersendiri. Jenis bisnis EO manapun yang akan Anda jalankan, jangan lupa ikuti tips memulai bisnis Event Organizer untuk membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.