Tips Memulai Bisnis Undangan Digital

5+ Tips Memulai Bisnis Undangan Digital Serta Keuntungannya!

Diposting pada


Unsplash.com

Jaman ke jaman teknologi menjadi semakin canggih dan tidak terkendalikan, banyak aktivitas yang beralih ke dunia digital salah satunya dalam pengiriman undangan, undangan digital. Jika Anda ingin menjadikan ini sebagai peluang, pahami dulu tips bisnis undangan digital di bawah ini. 

Trend Bisnis Undangan Digital

Berbeda dengan undangan konvensional yang dapat disentuh dengan mengandalkan media kertas, kayu, akrilik dan lainnya, sehingga dapat disentuh, undangan digital merupakan undangan yang secara fisik tidak dapat disentuh. Undangan digital sendiri biasanya berupa gambar, video, maupun undangan online seperti website.

Di era kecanggihan teknologi seperti sekarang membuat banyak hal beralih ke dunia digital, seperti kegiatan kirim surat pos beralih ke chatting atau surel, dan saat ini menimpa pula pada undangan pernikahan.

Di mana saat ini banyaknya calon pengantin yang lebih tertarik untuk menggunakan undangan digital. Selain lebih praktis ada juga sejumlah kelebihan yang ditawarkan.

Salah satu keuntungan undangan digital ialah banyaknya desain yang variatif sehingga Anda memiliki kebebasan dalam banyak pilihan.  Selain itu, jika terjadi salah ketik, bisa dilakukan editing atau revisi dengan mudah.

Jika peka dengan perubahan saat ini, masyarakat bisa menjadikannya sebagai peluang usaha. Sebelum semakin bermunculan dan maraknya undangan digital alangkah baiknya Anda memulai usaha ini sejak dini.

Jika Anda bingung, tips-tips di bawah ini dapat Anda lakukan dalam memulai usaha undangan digital secara mudah dan sukses.

Tips Memulai Bisnis Undangan Digital

Dalam menjalankan bisnis undangan digital terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan. Yang mana tahapan-tahapan ini sangat berpengaruh untuk keberhasilan bisnis yang Anda jalankan.

Berikut ini merupakan tips untuk memulai usaha undangan digital:

  1. Melakukan Riset Desain Undangan

Pertama-tama bagi Anda yang ingin coba-coba memulai bisnis ini, akan lebih baik jika Anda melakukan riset terlebih dahulu.

Baca Juga  7+ Rekomendasi Bisnis Ibu Rumah Tangga Modal 5 Juta, Dijamin Untung!

Riset di sini bisa Anda lakukan dengan kecil-kecilan, hanya untuk melihat desain undangan yang sedang hits di saat itu. Hal ini dilakukan untuk menciptakan inspirasi baru sehingga membuat usaha Anda banyak digemari.

Untuk melakukan riset ini Anda bisa menelusuri dan mengunjungi media sosial jasa undangan digital seperti di Instagram atau website.

Di sini, Anda tidak hanya akan mengambil bagaimana desain undangan yang sedang trend saat itu, tapi juga tata pengelolaan dalam menjalankan bisnis.

  1. Kumpulkan Template

Setelah melakukan riset, Anda bisa mengumpulkan template undangan digital. Untuk melakukan pengumpulan template undangan Anda bisa menggunakan media gratis yang marak di internet namun dengan desain terbatas atau membeli templatenya, seperti undangan digital Canva.

Jika Anda ingin membeli sebuah template, sebaiknya pilih jasa yang sudah terpercaya, ahli dan berpengalaman sehingga hasil template yang dikumpulkan cukup menarik untuk melakukan percobaan.

Unsplash.com

  1. Buat Portofolio yang Menarik

Jika template sudah terkumpul Anda bisa membuatkan portofolio dengan semanarik mungkin. Buatlah contoh-contoh undangan digital dengan menggunakan template yang sudah dikumpulkan sebelumnya atau dengan membuatnya secara manual.

Semakin tertarik orang yang melihat contoh-contoh undangan digital yang dibuat maka akan semakin berpeluang untuk menggunakan jasa Anda.

Maka dari itu, Anda harus benar-benar membuat desain undangan digital semenarik mungkin dan sebagus mungkin.

Portofolio yang  Anda buat menjadi salah satu bagian kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis undangan digital, lho!

Pandai-pandailah dalam mendesain dan mengedit undangannya terlebih dalam memilih font, warna font, ukuran font serta tema undangan yang tepat dan sesuai.

  1. Berikan Pelayanan Terbaik

Akan sangat sia-sia jika portofolio yang Anda buat sudah bagus dan menarik namun pelayanan yang Anda berikan tidak memuaskan para pelanggan.

Baca Juga  10 Usaha Franchise Murah yang Tepat untuk Dimanfaatkan

Oleh sebab itu, fokus Anda tidak hanya membuat undangan digital semenarik dan seindah mungkin namun juga pelayanan yang baik di mata pelanggan.

Anda pun bisa memberikan pelayanan spesial seperti custom undangan, sehingga para klien dapat melakukan request sebebas mungkin sesuai dengan keinginannya.

Anda pun bisa memberikan layanan revisi 1 hingga 2 kali revisi untuk mencegah kekecewaan para pelanggan atau klien.

Jangan lupa jika Anda sudah selesai memberikan layanannya, Anda dapat meminta testimoni untuk dicantumkan pada profil bisnis Anda sehingga dapat meningkatkan perhatian calon konsumen.

  1. Perluas Bisnis dan Promosi

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam memulai usaha undangan digital Anda bisa melakukan perluasan bisnis. Salah satunya dengan membuatkan akun media sosial seperti Instagram.

Di akun media sosial ini bisa Anda cantumkan contoh hasil desain undangan yang Anda buat atau portofolio yang Anda ciptakan.

Jangan lewatkan pula untuk melakukan promosi atau iklan dengan strategis yang tepat, baik itu menggunakan layanan internet gratis maupun berbayar, seperti Adsense atau Add Facebook. Dengan begitu usaha Anda akan semakin banyak dikenal.

Demikianlah tips dalam memulai bisnis undangan digital. Dengan melakukan tips di atas secara benar, bisnis Anda dapat berjalan dengan baik dan berhasil.

Keuntungan Membuka Usaha Undangan Digital

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari membuka usaha undangan digital. Di mana keuntungan-keuntungan yang didapat di antaranya sebagai berikut:

  1. Mudah Dijalankan

Membuka usaha undangan digital sangatlah mudah untuk dijalankan. Anda hanya cukup sedikit mengedit nama-nama dan gaya font dalam template undangan yang Anda beli. Hal ini membuat Anda tidak perlu memiliki kemampuan yang mendalam.

Cukup memiliki kreativitas dalam menyesuaikan font huruf, warna dan tema template undangan. 

Berbeda jika dengan membuat undangan digital dari nol, Anda harus memiliki kemampuan desain yang dapat diandalkan.  

Baca Juga  Ingin Bisnis Franchise Di Bawah 5 Juta, Cek Pilihan Ini Untuk Keuntungan

Salah  satu membuat undangan digital dari nol ialah dengan undangan digital PPT.

Anda pun bisa memanfaatkan template undangan digital yang tersebar dan dapat diunduh secara gratis oleh Anda sendiri. 

  1. Waktu yang Fleksibel

Keuntungan kedua dari membuka usaha undangan digital adalah waktu yang fleksibel. Kenapa dikatakan sebagai bisnis yang memiliki waktu fleksibel?

Sebab, usaha ini bisa Anda lakukan dan kerjakan kapan saja asalkan sesuai waktu yang diinginkan oleh pelanggan atau konsumen. Waktu yang lebih fleksibel memudahkan Anda untuk membagi waktu dengan aktivitas penting lainnya. 

Bagi Anda yang merupakan mahasiswa atau pekerja yang ingin memiliki pendapatan tambahan, Anda bisa memilih untuk menjalankan bisnis usaha satu ini. 

Sebab, bisnis undangan digital ini sangat tepat untuk digunakan sebagai bisnis sampingan.

  1. Keuntungan yang Menggiurkan

Membuka bisnis undangan digital pun sangatlah menggiurkan. Kemudahan dalam menjalankan bisnis dan memiliki waktu yang sangat fleksibel membuat Anda menjalankannya dengan lebih menyenangkan.

Dengan adanya perkembangan digital saat ini membuat undangan dengan konsep digital banyak dicari, sehingga menjadikan bisnis ini lebih menggiurkan.

Apalagi jika Anda pandai dalam memanfaatkan template undangan digital yang beredar dengan bebas dan gratis di internet.  Dengan begitu modal Anda semakin lebih kecil dan hanya memodalkan internet dan perangkat kesayangan Anda.Ketiga keuntungan dari bisnis undangan digital ini menjadi salah satu pertimbangan untuk meyakinkan diri Anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Tertarik untuk mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.