software akuntansi untuk laporan keuangan

7 Software Akuntansi Untuk Laporan Keuangan Terbaik 2021

Diposting pada
bookkeeping-615384_640.jpg
Pixabay.com

Software akuntansi untuk laporan keuangan menjadi salah satu peralatan yang sangat penting di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat. Berkat adanya perkembangan teknologi yang semakin mumpuni, kini pencatatan laporan keuangan bisa dilakukan secara lebih praktis dan mudah dengan memanfaatkan aplikasi atau software khusus untuk akuntansi.

Software akuntansi secara umum akan berkaitan dengan dunia bisnis dan perusahaan. Sebab, penggunaan aplikasi akuntansi tersebut, dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari pencatatan keuangan perusahaan, pengelolaan utang-piutang, pengelolaan pajak, catatan rekonsiliasi dengan pihak bank, dan berbagai keperluan penunjang bisnis lainya.

Rekomendasi Software Akuntansi Untuk Laporan Keuangan Terbaik

Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi, terkait dengan software akuntansi untuk laporan keuangan. Berikut adalah beberapa jenis aplikasi yang patut Anda pertimbangkan.

1. Software Akuntansi Untuk Laporan Keuangan : Accurate Accounting

Rekomendasi pertama yang patut Anda pertimbangkan jika mencari software akuntansi adalah Accurate Accounting. Aplikasi ini merupakan produk buatan Indonesia, sehingga menjadikannya sebagai salah satu aplikasi karya anak bangsa yang memiliki fungsionalitas cukup tinggi.

Sebagai salah satu software akuntansi terbaik, Accurate Accounting sudah digunakan oleh lebih dari 300.000 perusahaan di Indonesia. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini, adalah karena sudah sesuai dengan Peraturan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia (PSAK).

Menggunakan aplikasi ini, Anda bisa melakukan sejumlah modifikasi, sesuai dengan kebutuhan sistem akuntansi Anda. Selain itu, aplikasi ini juga sudah memungkinkan Anda untuk menggunakan sistem multi-user, multi-currency, multi-project, dan lain sebagainya.

2. Aplikasi Zahir Accounting

Mungkin sudah banyak diantara Anda, para pelaku bisnis yang tidak asing lagi dengan software akuntansi untuk laporan keuangan yang satu ini. Zahir Accounting menjadi salah satu aplikasi akuntansi online yang sangat populer dan banyak digemari oleh berbagai kalangan.

Berbekal dengan menggunakan aplikasi tersebut, maka para pengguna akan dapat melakukan pengelolaan keuangan secara online dengan berbasiskan website. Selain banyak digunakan oleh perusahaan skala besar, aplikasi ini juga bisa digunakan oleh para pelaku UMKM, agar dimudahkan dalam proses pencatatan keuangan usaha yang mereka miliki.

Baca Juga  Download Script Url Shortener mirip Linkduit

Di dalam aplikasi pengelolaan keuangan ini, Anda bisa melakukan pembuatan laporan mengenai transaksi pembelian dan penjualan barang. Bukan itu saja, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengelola persediaan barang, mengelola hutang-piutang, dan bahkan bisa juga membuat laporan pembukuan berbasis internet.

3. Jurnal Accounting

Rekomendasi aplikasi akuntansi untuk pencatatan keuangan yang bisa dipertimbangkan selanjutnya adalah Jurnal Accounting. Software akuntansi yang satu ini bisa digunakan untuk mengatur sistem pembukuan bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Software akuntansi untuk laporan keuangan Jurnal Accounting ini dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan. Fitur-fitur ini tentunya, yang akan semakin memudahkan proses pengelolaan catatan keuangan usaha Anda. Berikut adalah beberapa fitur keunggulan yang dimiliki oleh Jurnal Accounting:

  • Dapat digunakan untuk membuat invoice dan PO.
  • Dapat digunakan sebagai perangkat lunak untuk melakukan monitoring stok.
  • Dibekali dengan sistem online live chat yang akan semakin memudahkan para pengguna.
  • Melindungi data-data yang dimiliki oleh pengguna, dengan sistem keamanan yang terenkripsi, dan berbagai macam fitur menarik lainnya.

Sebagai salah satu aplikasi yang dibekali dengan berbagai fitur menarik, tidak mengherankan kalau aplikasi ini termasuk jenis perangkat lunak yang berbayar. Anda bisa mendapatkan lisensi penggunaan software akuntansi ini dengan biaya mulai dari Rp 149 ribu hingga Rp 399 ribu, sesuai dengan spesifikasi yang akan Anda pilih.

4. Aplikasi MYOB Accounting

Software akuntansi MYOB Accounting merupakan sebuah aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan oleh perusahaan asal Australia. Bisa dikatakan, bahwa aplikasi ini merupakan inisiator ataupun cikal bakal dari lahirnya berbagai software pencatatan akuntansi di Indonesia.

Sebagai salah satu aplikasi pencatatan akuntansi terbesar, MYOB Accounting ini dibekali dengan sistem tampilan yang terbilang cukup sederhana, dan sangat memudahkan para pengguna yang ingin mengoperasikan aplikasi tersebut.

Baca Juga  Download Config PUBG Mobile Terbaru 2019

Menggunakan software akuntansi untuk laporan keuangan ini, memungkinkan Anda untuk bisa membuat pembukuan untuk data keuangan pribadi ataupun perusahaan secara lebih mudah, akurat, lengkap, otomatis, dan juga cepat.

Meskipun aplikasi ini agak sulit jika Anda ingin melakukan customization pada laporan yang akan Anda buat, namun MYOB Accounting tetap menjadi software yang patut dipertimbangkan, untuk memenuhi kebutuhan pencatatan laporan keuangan Anda.

5. EQUIP Accounting

Rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan pencatatan laporan keuangan selanjutnya adalah EQUIP Accounting. Software ini dikembangkan oleh perusahaan dari Singapura, dan sudah menjadi salah satu perangkat lunak yang banyak digunakan untuk mencatat keuangan.

Software ini dibekali dengan berbagai macam fitur penting yang akan menunjang performa dan kinerja Anda dalam melakukan pembukuan. Berbekal aplikasi EQUIP Accounting ini, Anda bisa melakukan berbagai hal. Termasuk diantaranya manajemen faktur dan pembayaran, manajemen pajak yang terlokalisir, manajemen nota kredit, dan lain sebagainya.

Software ini sudah banyak digunakan oleh sejumlah perusahaan besar di dunia untuk kebutuhan pencatatan keuangan. Beberapa perusahaan yang sudah menggunakan aplikasi ini diantaranya adalah Hino Truck, Astra Finance, Yokohama, dan lain sebagainya.

6. Aplikasi GNUCash

GNUCash menjadi pilihan software akuntansi untuk laporan keuangan yang juga tidak kalah menarik untuk dipertimbangkan. Aplikasi ini didesain sedemikian rupa, sehingga akan memudahkan bagi para penggunanya untuk mengelola catatan keuangan yang dimiliki.

Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur penting yang akan menunjang kebutuhan akuntansi Anda. Mulai dari adanya fitur account invoicing, receivables, akun investasi, kredit, pinjaman, dan lain sebagainya.

7. SAP Accounting

SAP Accounting merupakan salah satu produk aplikasi sistem akuntansi yang dikembangkan oleh perusahaan asal Jerman. Aplikasi ini termasuk sebagai pencatat keuangan yang cukup populer dan sudah banyak digunakan oleh para pengguna di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Baca Juga  Cara Melacak Lokasi Orang Lain Dengan Akurat di Termux

Secara umum, aplikasi SAP Accounting ini sudah digunakan oleh lebih dari 300.000 pengguna yang tersebar di berbagai belahan dunia. Sehingga tidak heran kalau software akuntansi untuk laporan keuangan ini, termasuk salah satu yang sangat populer.

SAP Accounting menawarkan solusi otomatis yang dapat digunakan untuk menyederhanakan sistem pengelolaan keuangan perusahaan-perusahaan besar di berbagai wilayah. Hal ini dilakukan dengan fitur S/4HANA Finance yang merupakan bagian dari SAP Accounting.

SAP S/4HANA Finance dibekali dengan berbagai jenis fitur, yang akan memungkinkan para penggunanya untuk bisa melakukan berbagai hal terkait pencatatan keuangan. Mulai dari laporan keuangan secara real-time, melakukan manajemen kredit, manajemen anggaran, dan bahkan bisa juga digunakan untuk perencanaan keuangan.

Mengingat fungsi dan fiturnya yang terbilang cukup kompleks, secara umum aplikasi akuntansi yang satu ini lebih cocok untuk digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, yang memiliki sistem dan data pencatatan arus keuangan lebih kompleks dan lengkap.Itulah beberapa rekomendasi pilihan software akuntansi untuk laporan keuangan terbaik 2021 yang patut untuk Anda pertimbangkan. Kini dengan adanya beberapa rekomendasi yang telah disampaikan tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari aplikasi yang tepat, bila hendak melakukan pencatatan keuangan untuk perusahaan maupun usaha yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *