software penting untuk anak teknik

7 Software Penting untuk Anak Teknik Mesin yang Wajib Dikuasai

Diposting pada
Maukuliah.id

Keahlian dalam menguasai software yang sejalan dengan jurusan kuliah menjadi sebuah tuntutan tersendiri bagi para mahasiswa. Hal tersebut berlaku untuk seluruh mahasiswa dari berbagai jurusan, begitu pula dengan jurusan teknik mesin. nah, apa saja sih software penting untuk anak teknik mesin ini? Yuk, kulik informasinya dalam ulasan ini!

Teknik mesin saat ini menjadi salah satu jurusan di fakultas teknik yang hampir ada di seluruh perguruan tinggi. Minat masyarakat terhadap jurusan ini dan prospek kerjanya yang cukup menjanjikan, menjadikan jurusan ini menjadi salah satu jurusan di rumpun saintek yang cukup populer. 

Apabila Anda sedang bersiap untuk memasuki jurusan yang dikenal dengan solidaritasnya ini, Anda harus mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya agar setelah masuk tidak merasa salah jurusan. Salah satu informasi yang bisa Anda cari adalah mengenai software yang menunjang pembelajaran. 

Daftar Software Penting Untuk Anak Teknik Mesin

Seperti halnya jurusan lain yang mewajibkan mahasiswanya, untuk dapat menguasai software-software tertentu, teknik mesin juga memiliki beberapa software yang harus dikuasai mahasiswanya. Daftar software tersebut, tentu akan membantu Anda dalam menjalani perkuliahan sebagai mahasiswa teknik mesin. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah daftar software penting untuk anak teknik mesin yang wajib dikuasai. 

1.MATLAB (Matrix Laboratory)

MATLAB merupakan kependekan dari Matrix Laboratory. Software ini menjadi salah satu software yang memegang fungsi esensial bagi para mahasiswa teknik, khususnya teknik mesin. Biasanya software ini digunakan sebagai media pembelajaran standar tingkat pemula, pada bidang matematika, teknik, ataupun sains tingkat lanjut.

Software MATLAB memiliki banyak fungsi, yang biasanya digunakan dalam dunia teknik. Umumnya, MATLAB digunakan untuk melakukan pemrograman analisis dan perhitungan yang biasa dilakukan dalam ruang lingkup teknik mesin. 

Tak hanya itu, software penting untuk anak teknik satu ini juga digunakan sebagai software pemecahan masalah dalam bidang desain teknik. Fungsi detail dari MATLAB yang biasa digunakan oleh anak teknik mesin, yakni meliputi fungsi komputasi dan perhitungan matematis, pengembangan algoritma matematis, visualisasi, pemodelan, akuisisi data, dan lain sebagainya.

Baca Juga  7 Software Akuntansi Untuk Laporan Keuangan Terbaik 2021

2. ANSYS

Software ANSYS adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyelesaikan perihal desain teknik dan analisisnya. Sama seperti MATLAB, software ini juga memiliki berbagai fungsi dan fitur yang cukup lengkap serta kompleks. 

Fungsi dari ANSYS juga sangat beragam, diantara untuk menganalisis struktural suatu pekerjaan serta menganalisis defleksi dan tekanan dalam suatu struktur yang kompleks. Selain kedua hal tersebut, ANSYS juga bisa digunakan untuk pemecahan analisis thermal dan analisis fluida. Bisa dikatakan, ANSYS merupakan software yang memiliki fitur sangat lengkap dan komprehensif. Dibandingkan dengan software yang lainnya. 

Dalam menggunakan ANSYS, dahulu pengguna akan melakukan pemodelan di software lain, yang  kemudian memindahkannya ke ANSYS, pada saat hendak dilakukan analisis. Namun sekarang, fitur yang ada pada ANSYS merupakan fitur telah mengintegrasikan fitur desain dan analisis. Sehingga penggunanya dapat lebih mudah dalam memecahkan permasalahannya. Dikarenakan kelengkapan fiturnya, maka tak heran apabila ANSYS masuk ke dalam daftar software penting untuk anak teknik.

3. AutoCad

Siapa yang pernah mendengar nama software yang satu ini? Yup, software AutoCad juga menjadi salah satu software yang wajib dikuasai oleh anak teknik. Software satu ini bahkan menjadi salah satu software paling populer diantara software lain dikalangan anak teknik. Baik itu teknik mesin, industri, elektro, sipil, dan lain sebagainya. 

Fungsi utama dari software penting untuk anak teknik ini adalah untuk melakukan pekerjaan dalam hal desain perancangan produk. Desain perancangan yang dihasilkan pun, dapat dibuat dalam 2D ataupun 3D sehingga menjadikan software ini sangat dibutuhkan di dunia industri. 

Dalam pembelajaran di jurusan teknik mesin, software AutoCad biasa digunakan untuk membuat desain-desain mesin. Desain mesin dan komponennya tersebut, kemudian dapat ditampilkan dalam bentuk gambar proyeksi 2D sehingga dapat dilihat sisi tampak atas, kanan, kiri, ataupun bawah. Hal menarik yang ada pada AutoCad ini, yaitu software ini memiliki tools yang sangat lengkap. Sehingga desain yang dihasilkan juga akan menjadi lebih optimal. 

Baca Juga  Install ASU : Facebook Toolkit v.5

4. Visual Basic

Software penting untuk anak teknik mesin selanjutnya adalah Visual Basic. Bagi mahasiswa teknik mesin, pemrograman menjadi salah satu ilmu yang diajarkan dalam perkuliahan. Oleh karena itu, Anda akan banyak belajar pemrograman, kemudian mengaplikasikannya menjadi sebuah software melalui Visual Basic

Software Visual Basic biasa digunakan dalam pembuatan program berbasis Windows. Seperti software kasir dan software perpustakaan. Terdapat berbagai macam pemrograman yang bisa dibuat melalui software ini. Mulai dari pemrograman sederhana hingga pemrograman rumit sekalipun. Tools yang dimiliki software Visual Basic ini pun cukup lengkap. Sehingga dapat membuat software yang rumit sekalipun.

Software Visual Basic memiliki kemiripan dengan software MATLAB. Dimana keduanya menggunakan algoritma matematika dalam pengembangannya. Dengan begitu, hal yang perlu Anda kuasai untuk bisa menggunakan software yang satu ini adalah algoritma dan tentunya, bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang digunakan pada Visual Basic adalah bahasa pemrograman C++. 

5. MechaniCalc

Software yang berbentuk kalkulator online ini, digunakan untuk keperluan desain dan analisis struktural. Terdiri dari rangkaian kalkulator yang dapat menganalisis secara rinci. Menjadikan software yang satu ini menjadi salah satu software penting untuk anak teknik

Kemampuannya yang dapat menganalisis secara rinci ini, bahkan membuat software ini sesuai dengan standar yang digunakan pada industri. Selain dapat melakukan analisis, Mechanicalc juga dapat membentuk database properti material dan cross section. 

Dengan adanya fitur ini, maka para penggunanya akan lebih mudah mengorganisir hasil analisis. Data yang ada pada database tersebut dapat dicetak dengan mudah. Sehingga kebutuhan pelaporan dapat terselesaikan dengan cepat. 

6. Microsoft Visio

Anak teknik pasti tidak bisa lepas dari pembelajaran dan penugasan berbentuk diagram atau skema. Microsoft Visio menjadi salah satu software terbaik yang dapat membuat diagram ataupun garfish. Seperti Gant Cgart, Value Stream Mapping, ataupun tata letak pabrik. 

Baca Juga  Cara Melacak Lokasi Orang Lain Dengan Akurat di Termux

Penggunaan software penting untuk anak teknik satu ini lebih aplikatif. Sehingga berkaitan erat dengan pihak industri. Bahkan, software ini memenuhi standar industri. Hal yang membuat software ini memenuhi standar industri, adalah karena memiliki tools yang lengkap dan banyaknya lambang-lambang yang tersedia dan bisa digunakan. 

7. Solidworks

Software perancangan produk yang banyak digunakan oleh anak teknik mesin saat ini adalah Solidworks. Digunakan untuk membuat rancangan komponen permesinan dalam bentuk 2D ataupun 3D. 

Pada dasarnya, Solidworks memiliki kesamaan dengan software desain lain, seperti AutoCad. Sehingga fitur yang dimilikinya pun bisa dikatakan mirip. Walaupun memiliki kesamaan dengan software lain, Solidworks memiliki beberapa kelebihan. 

Kelebihan yang ada pada software penting untuk anak teknik ini adalah sangat mudah digunakan, referensi ataupun tutorial penggunaan yang mudah dicari di internet, kualitas rendering 3D lebih baik dan realistis, serta programnya yang ringan dijalankan. 

Itulah 7 software penting untuk anak teknik mesin yang harus Anda kuasai, ketika menjadi mahasiswa di jurusan ini. Jangan khawatir, Anda akan mulai terbiasa dengan software-software di atas, apabila sudah terjun langsung di jurusan teknik mesin. Karena 7 software di atas sangat mendukung perkuliahan dan karir Anda, pastikan Anda bersungguh-sungguh dalam menguasainya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *