Apa Itu Mata Uang Crypto
Apa Itu Mata Uang Crypto

Apa itu Crypto? Simak Pembahasan Selengkapnya di Sini

Diposting pada


Di dunia ini kita semua sudah menggunakan mata uang sebagai salah satu media untuk melakukan pembayaran. Ya, kebutuhan manusia yang semakin hari semakin bertambah memang membuat setiap orang mengumpulkan uang untuk bertahan hidup.

Namun, di dunia ini ada banyak jenis mata uang, dari mulai mata uang yang berbeda di setiap negara bahkan ada juga mata uang yang diada-adakan. Apa itu? Yaitu mata uang crypto. Ingin tahu informasinya yang lebih lengkap? Simak penjelasannya di bawah ini:

Apa Itu Mata Uang Crypto?

Pertama yang akan kita bahas adalah pengertian dari mata uang crypto itu sendiri. Ya, seperti yang telah sedikit disinggung di atas bahwa mata uang crypto ini adalah jenis mata uang yang diada-adakan yang padahal memang tidak digunakan untuk pembayaran biasa seperti rupiah, dolar, yen, dan lain sebagainya.

Namun, walaupun tidak memiliki bentuk dan terkesan diada-adakan, mata uang yang satu ini dapat digunakan untuk berbagai hal khususnya sebagai alat investasi yang sangat menguntungkan. Ditemukan pada tahun 2009 kini mata uang crypto sudah menjadi berbagai jenis, misalnya; bitcoin, litecoin, ethereum, monero, ripple, dan lain sebagainya.

mata uang yang satu ini juga memiliki sistem harga layaknya sebuah emas yang mana sangat fluktuatif tergantung pada permintaan pasar pada saat itu. Dan jumlahnya yang terbatas membuatnya tidak akan mengalami inflasi.

Apakah Perbedaan Antara Mata Uang Crypto dengan Mata Uang Digital yang Sering Kita Gunakan?

Mata uang crypto memang digunakan secara digital akan tetapi jika dibandingkan dengan mata uang merupakan salah satu jenis mata uang digital yang mana tidak terlihat akan tetapi dapat diperjual-belikan. Jika membahas perbedaan maka sangat berbeda. Mata uang digital bisa disebut dengan digital currency sedangkan kripto adalah crypto currency.

Apa artinya? Mata uang digital merupakan mata uang pada umumnya namun digunakan secara digital sehingga bisa digunakan untuk pembayaran, transfer, dan transaksi lainnya. Uang digital juga memiliki batas wilayah, politik, dan lain sebagainya jika digunakan.

Baca Juga  Mengapa Anda Harus Berinvestasi Litecoin? Ini Alasannya

Sedangkan mata uang kripto sendiri adalah mata uang yang berlaku untuk siapa saja dan di mana saja tanpa adanya batasan apa pun. Dan mata uang kripto ini hanya bisa diperjual-belikan yang bisa  menjadi aset investasi bagi banyak orang sebab jumlahnya yang terbatas.

Apa Saja Keuntungan atau Kelebihan Menggunakan Mata Uang Crypto?

Kelebihan menggunakan uang kripto ini adalah janji yang kuat dalam melakukan transfer dana langsung antara dua pihak tanpa adanya pihak ketiga seperti bank atau perusahaan keuangan yang lainnya. Untuk potensi kenaikan harga sangat tinggi karena kini masyarakat sudah banyak meninggalkan berbagai aset fisik dan memilih menggunakan aset digital yang lebih aman dan mudah disimpan tentunya,

Dalam transaksi menggunakan mata uang kripto, Anda juga akan merasa lebih aman sebab menggunakan sistem semi-anonim yang mana tidak perlu menampilkan identitas secara asli dan lengkap. Selain itu, dalam transaksinya juga menggunakan teknologi blockchain yang membuat proses transaksi lebih cepat dan menghindari pemalsuan uang. 

Apa Saja Kekurangan dalam Menggunakan Mata Uang Crypto?

Tetap saja bahwa di balik kelebihan pastinya ada kekurangan. Penggunaan mata uang yang satu ini juga meningkatkan resiko pelanggaran yang mana dalam sistem semi-anonimnya ini para oknum bisa melakukan kegiatan ilegal seperti pencucian yang atau pun bisa juga menggelapkan pajak.

Karena mata uang kripto ini juga masih sangat awam di masyarakat, masih kurang banyak informasi yang akurat dan sangat sulit untuk melakukan prediksi jangka panjang. Dan dalam mata uang kripto modern biasanya digunakan wallet atau alamat pengguna yang mana kuncinya hanya Anda sendiri yang tahu, jika sampai Anda tidak ingat dengan kunci tersebut maka akan berakibat sangat fatal

Baca Juga  Inilah Perbedaan Ethereum Klasik Dan Ethereum Biasa Yang Wajib Diketahui

Bagaimana Cara Mendapatkan Mata Uang Crypto?

Berbicara tentang kripto, kripto, dan kripto tapi di mana bisa  mendapatkannya? Untuk mendapatkan mata uang kripto ini, Anda harus melakukan beberapa cara pilihan yang ada di bawah ini:

  1. Dengan Menambang

Yang pertama adalah dengan menambang secara mandiri. Setiap pertambangan akan digunakan oleh penambah dan setiap transaksi yang dilakukan akan mengalami validasi, dibangun, dan disimpan dalam suatu blok baru di blockchain. Cara ini berkembang dengan lebih baik, yang dahulunya boros listrik kini Anda bisa menggunakan layanan yang sudah disediakan oleh beberapa jasa.

  1. Bisa Membeli di Layanan Exchange

Selain menambang, Anda bisa membelinya di layanan Exchange. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak sekali perusahaan yang melayani layanan Exchange dengan proses jual-beli yang sangat aman dan tentunya lebih mudah. Anda bisa membeli saat nilai mata uang kripto turun dan menjualnya ketika mata uang ini harganya menjadi lebih naik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.