China umumkan rencana pengembangan infrastruktur daya komputasi

China umumkan rencana pengembangan infrastruktur daya komputasi

Diposting pada

socialdarknet.com – Beijing – Otoritas China mengumumkan rencana aksi untuk pengembangan infrastruktur daya komputasi berkualitas tinggi, dalam tengah upaya negara itu menggenjot perekonomian digital, lapor Xinhua pada Selasa.

China menargetkan untuk mencapai total daya komputasi lebih besar lanjut dari 300 EFLOPS pada 2025, menurut rencana aksi yang digunakan dirilis bersama oleh enam otoritas negara itu, termasuk Kementerian Perindustrian serta Teknologi Informasi China (Ministry of Industry and Information Technology/MIIT), Kementerian Pendidikan China, serta People's Bank of China.

EFLOPS merupakan unit ukuran kecepatan sebuah komputer. Sistem komputasi 1 EFLOPS dapat menyelesaikan 1 kuintiliun operasi floating-point per detik. Pada Agustus, MIIT mengatakan bahwa daya komputasi China sudah pernah mencapai 197 EFLOPS, menempati urutan kedua di dalam dalam dunia.

Menurut rencana aksi tersebut, kapasitas penyimpanan data dalam negara itu diperkirakan akan menembus 1.800 eksabita (exabyte) pada 2025.

Infrastruktur daya komputasi merupakan sumber daya utama bagi pengembangan kegiatan dunia usaha digital. Di antara serangkaian langkah untuk meningkatkan infrastruktur daya komputasi di tempat tempat China, sebuah megaproyek yang tersebut dimaksud melibatkan pendirian delapan pusat komputasi nasional juga juga 10 klaster pusat data nasional diluncurkan pada tahun lalu. 

 

Pewarta : Livia Kristianti
Editor : Natisha Andarnintyas
ANTARA


Baca Juga  69 Fintech Bablas Deadline, OJK Sambangi 10 Perusahaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *