Software untuk Memudahkan Pengolahan Data

Rekomendasi Software untuk Memudahkan Pengolahan Data dengan Kebutuhan yang Berbeda-Beda

Diposting pada
Dosenpendidikan

Di zaman serba canggih ini, setiap aktivitas pengolahan data, bisa dilakukan dengan menggunakan komputer. Baik itu untuk melakukan pengolahan data yang bersifat bisnis, pendidikan, ataupun sekedar media hiburan. Meskipun demikian, untuk menunjang berbagai aktivitas tersebut, perangkat komputer ini, haruslah ditunjang dengan software untuk memudahkan pengolahan data.

Beberapa software yang dimaksud, merupakan software khusus yang dirancang untuk pengolahan data, yang dibedakan berdasarkan data yang diolah. Misalnya, data untuk keperluan statistik, data yang berupa kata-kata, grafis, presentasi, dan yang lainnya.

Nah, agar Anda tidak terlalu penasaran, mengenai software pengolah data ini. Mari simak pembahasannya di bawah ini. Tentunya, agar nantinya, Anda tidak keliru, dalam memilih software yang cocok dengan jenis pengolahan data yang Anda lakukan.

Rekomendasi Software untuk Memudahkan Pengolahan Data Terbaik

Bisa dikatakan, komputer merupakan suatu perangkat yang dirancang khusus untuk melakukan pengolahan data terbaik hingga saat ini. Dimana proses pengolahan data ini meliputi proses menerima data mentah, menyusun, menyimpan, hingga memanipulasi data, untuk diolah menjadi informasi yang berkualitas.

Meskipun demikian, sistem pada komputer tidak akan bekerja, jika tidak disertai dengan software. Perangkat lunak (software) ini berfungsi untuk memudahkan pengolahan data yang dilakukan pada komputer. 

Dimana software pengolah data untuk jenis statistik/angka, jelas berbeda dengan software untuk memudahkan pengolahan data untuk jenis presentasi, misalnya. Begitupun yang lainnya. Semuanya memiliki peran yang berbeda. Meskipun memang, semuanya melakukan hal yang sama, yaitu melakukan proses pengolahan data.

Apa saja software untuk memudahkan pengolahan data yang dimaksud? Ini nih, beberapa diantaranya :

1.Software Pengolah Kata

Pengertian dari software pengolah kata, yaitu beberapa software yang memang dirancang secara khusus untuk membantu dalam pengolahan data yang berupa kata-kata, dan dalam bentuk tulisan. Beberapa software untuk memudahkan pengolahan data berupa kata ini, diantaranya :

Baca Juga  7 Software Penting untuk Anak Teknik Mesin yang Wajib Dikuasai

a.Microsoft Word

Bisa dibilang, Microsoft Word merupakan salah satu software yang paling populer, untuk mengolah data yang berupa kata-kata dalam tulisan. Pertama didirikan pada tahun 1983, Microsoft Word yang awalnya bernama Multi-Tool Word, merupakan software terbaik yang biasa digunakan untuk pengolahan data berupa kata-kata, yang dikembangkan oleh Microsoft. 

Bahkan, untuk mendukung sistem operasinya, Microsoft Word melakukan pembaruan dari masa ke masa. Dari mulai pembaruan untuk sistem DOS, Apple Macintosh, dan Microsoft Windows, yang kini lebih dikenal dengan Microsoft Office Word (Microsoft Word).

b. Libre Office Writer

Software untuk memudahkan pengolahan data selanjutnya, yang digunakan untuk pengolahan data berupa kata, yaitu Libre Office Writer. Merupakan salah satu software dengan cara kerja yang hampir sama dengan Microsoft Word

Hanya saja, untuk software yang satu ini, baru diperkenalkan pada tahun 2010 yang lalu. Meskipun demikian, software yang dikembangkan oleh The Document Foundation ini, sering digunakan untuk pembuatan makalah, surat, laporan, dan penulisan lainnya, yang berkaitan dengan pembuatan dokumen. Baik yang bersifat pribadi, maupun yang ditujukan untuk lingkungan perkantoran.

2. Software yang Digunakan Untuk Pengolah Data Statistik

Selain untuk memudahkan pengolahan data yang berupa kata. Anda juga bisa menggunakan software statistik, untuk memudahkan pengolahan data yang berupa angka. Nah, untuk proses pengolahan data dengan jenis ini, Anda bisa memilih Microsoft Excel.

Selain meluncurkan Microsoft Word, sebagai software untuk memudahkan pengolahan data yang berupa angka. Microsoft juga tak mau ketinggalan, untuk ikut ambil bagian dalam meluncurkan software untuk pengolahan data yang lainnya.

Salah satunya dengan Microsoft Excel ini, yang merupakan sebuah aplikasi database yang terdiri dari fitur kalkulasi dan juga fitur untuk pembuatan grafik. Microsoft Excel ini sendiri, biasa digunakan pada Microsoft Windows dan Mac IOS. Salah satu yang paling umum, yaitu Spreadsheet Excel, yang populer di kalangan pelajar, akademisi, hingga pekerja yang sering berhubungan dengan dunia statistik/angka-angka.

Baca Juga  Install ASU : Facebook Toolkit v.5

3. Software untuk Memudahkan Pengolahan Data Presentasi

Khusus untuk software pengolah data berupa presentasi ini, Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Terutama yang berkaitan dengan presentasi yang akan Anda lakukan. Untuk memudahkan hal itu, ini nih beberapa rekomendasi software terbaik untuk mendukung presentasi Anda. Diantaranya :

a.Microsoft Power Point

Microsoft power point merupakan salah satu software presentasi yang banyak digunakan oleh para pendidik, trainer, pebisnis, hingga pekerja kantoran, untuk melakukan sejumlah presentasi. Baik itu yang dilakukan sebagai penunjang proses belajar mengajar, upaya untuk meyakinkan investor, bahkan untuk promosi kenaikan pangkat.

Keunggulan dari software presentasi ini yaitu memiliki banyak desain yang menarik, dengan warna-warna yang variatif. Serta dilengkapi dengan pengaturan font, yang bisa diubah sesuai dengan yang diinginkan.

b. Libre Office Impress

Libre Office Impress merupakan salah satu software presentasi dengan berbagai fitur unggulan. Seperti :

  • Fitur multi monitor, yang mana Anda bisa melakukan presentasi yang bisa ditampilkan di banyak monitor yang berbeda-beda
  • Fitur animasi dan efek slide show
  • Fitur perangkat diagram, dan juga
  • Multi document, yaitu fitur yang memungkinkan, Anda bisa membuat presentasi secara kelompok, dengan kapasitas yang besar

4. Software Pengolah Data Grafis

Ini nih, software yang menjadi favorit dari desain grafis dan para fotografer. Bagaimana tidak? Dengan adanya software untuk memudahkan pengolahan data berupa grafis ini, beberapa desain grafis menjadi lebih terbantu. Sehingga proses editing gambar, ataupun yang lainnya, seputar grafis ini, bisa berjalan dengan cepat dan efisien.

Beberapa rekomendasi untuk software grafis ini, diantaranya :

a.Adobe Photoshop

Merupakan software pengeditan gambar dan pembuatan efek yang dikembangkan oleh Adobe Systems. Sejak diluncurkan pada tahun 1990 yang lalu, hingga kini, Adobe telah banyak digunakan oleh fotografer digital dan beberapa perusahaan yang bergerak di bidang jasa periklanan. 

Baca Juga  7 Software Akuntansi Untuk Laporan Keuangan Terbaik 2021

Dalam proses pengeditan gambar dan efek, Adobe Photoshop atau yang lebih dikenal dengan Photoshop ini, menggunakan beberapa model warna. Diantaranya :

  • RGB color model
  • Lab color model
  • Duotone bitmap
  • CMYK color model, dan
  • Grayscale

b. Corel Draw

Merupakan software untuk memudahkan pengolahan data yang berupa grafis vektor. Dimana dengan grafis ini, memungkinkan Anda untuk membuat beragam desain yang dihasilkan dengan menggunakan pengeditan garis vektor, dengan tujuan untuk menghasilkan gambar yang berupa 2 dimensi.

Beberapa contoh karya yang dihasilkan oleh software jenis ini yaitu kartu undangan, logo, brosur, dan yang lainnya. Sementara orang-orang yang menggunakan software Corel Draw ini, kebanyakan berasal dari kalangan desainer grafis profesional, ilustrator teknis, hingga pelajar.
Demikian rekomendasi dari beberapa software untuk memudahkan pengolahan data ini. Semoga bermanfaat! Terutama bagi Anda,yang kini tengah kebingungan dalam memilih software yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *