Sejarah Kripto Chainlink, Dan Prediksinya di Masa Depan

Sejarah Kripto Chainlink, Dan Prediksinya di Masa Depan

Diposting pada
executium-u-xMtPY1ojQ-unsplash.jpg
Unsplash.com

Perkembangan mata uang kripto yang semakin pesat telah menghadirkan banyak sekali koin-koin baru di bursa perdagangan kripto. Salah satunya adalah Chainlink yang akhir-akhir semakin populer. Meskipun belum sepopuler Bitcoin, namun mungkin Anda akan tertarik untuk mengenal dan mengetahui tentang sejarah kripto Chainlink, dan prediksinya mendatang.

Kemunculan Chainlink menambah daftar panjang jenis koin kripto yang beredar di pasaran. Dengan semakin banyaknya jumlah koin kripto yang bermunculan maka para investor dan trader pun akan memiliki semakin banyak pilihan jenis aset yang bisa digunakan sebagai sarana melakukan investasi di masa yang akan datang.

Mengenal Apa Itu Koin Chainlink

Bagi Anda yang tidak terlalu mengikuti perkembangan dunia kripto, mungkin akan merasa sedikit asing dengan jenis mata uang digital yang satu ini. Sebab meski sudah muncul sejak beberapa waktu yang lalu namun koin ini kurang begitu mendapat lirikan dari para trader kripto khususnya para trader dari Indonesia.

Maka dari itu, sebelum mengulas secara lebih jauh terkait dengan sejarah kripto Chainlink, dan prediksinya tidak  ada salahnya jika terlebih dahulu Anda perlu mengetahui tentang pengertian dari Chainlink sebagai salah satu jenis mata uang kripto.

Chainlink pada dasarnya merupakan jaringan terdesentralisasi yang terdiri dari sejumlah kumpulan oracles. Sementara itu, Oracles adalah program jaringan komputer yang dapat menghubungkan data off-chain dengan data on-chain dan kemudian menerjemahkan data-data tersebut menjadi beberapa smart contract lalu memverifikasi data dengan oracle lain.

Operator oracle di Chainlink akan dihadiahi dengan token atas kontribusinya dalam jaringan. Token tersebutlah yang kemudian dikenal sebagai cryptocurrency dari Chainlink yakni LINK. Proses ini sebenarnya mirip dengan aktivitas mining yang ada di Bitcoin.

Jika setiap penambang yang melakukan penambangan atau menambahkan kode blok terverifikasi pada sistem Bitcoin akan mendapatkan hadiah koin BTC dalam jumlah tertentu, dalam Chainlink pun berlaku hal yang serupa dengan cara memberikan koin kripto berupa LINK kepada para operator oracle atau yang boleh juga disebut sebagai ‘penambang’.

Baca Juga  Inilah Perbedaan Ethereum Klasik Dan Ethereum Biasa Yang Wajib Diketahui

Sejarah Singkat Perkembangan Kripto Chainlink

Chainlink sebenarnya bukan termasuk jenis kripto yang baru muncul belakangan ini. Bahkan kripto ini sudah muncul sejak beberapa tahun lalu setelah peluncuran Bitcoin yang diinisiasi oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009.

Sejarah kripto Chainlink, dan prediksinya di masa depan dimulai sejak pendirian SmartContract.com pada tahun 2014 yang lalu. Pendirian platform ini bertujuan untuk membawa data eksternal ke dalam sistem blockchain. Kemudian dari proses inisiasi inilah Chainlink terlahir ke dunia kripto. Pengembangan jaringan ini didirikan oleh Sergey Nazarov yang kini menjabat menjadi seorang CEO.

Kehadiran Chainlink memungkinkan suatu kontrak pintar untuk bisa terhubung ke bagian  umpan data dari sumber data atau API perangkat apapun. Kemampuan yang dimiliki Chainlink ini sedikit banyak telah mengubah wajah dan permainan industri Blockchain dalam dunia kripto.

Iterasi pertama dari solusi oracle SmartContract.com bergantung pada oracle terpusat yang membuatnya menjadi salah satu rintangan bagi pengembangan sistem keuangan yang terdesentralisasi.

Namun masalah tersebut sudah berhasil diatasi pada tahun 2017 yang lalu lewat peluncuran jaringan Chainlink dari oracle terdesentralisasi sehingga kemungkinan untuk membuat sistem pencatatan transaksi keuangan digital yang terdesentralisasi pun kembali dimungkinkan dengan menggunakan sistem jaringan Chainlink ini.

Pada bulan Juni tahun 2019 yang lalu, jaringan utama Chainlink mulai beroperasi setelah berhasil mengumpulkan $32 juta dalam ICO. Seiring dengan pengoperasian jaringan utama, Chainlink telah menjadi pilar utama dalam ruang oracle dan harus dimiliki untuk semua proyek DeFi yang kredibel.

Beberapa Prediksi Menarik Seputar Chainlink

Seiring dengan minat dan popularitasnya yang semakin tinggi, banyak pihak yang mulai berspekulasi dan memprediksi mengenai harga dari Chainlink di masa yang akan datang. Berikut ini adalah beberapa ulasan menarik terkait dengan sejumlah prediksi terkait perkembangan Chainlink di waktu-waktu mendatang.

Baca Juga  Apakah Monero Pilihan Tepat Untuk Berinvestasi Mungkin Anda Bisa Melihat Keunggulan Dari Monero Berikut Ini!

Prediksi Harga Chainlink Untuk 2021-2024

Memasuki awal dekade tahun 2020, perkembangan kripto pun menjadi semakin pesat. Hal ini membuat banyak pihak yang mulai mengeluarkan prediksi-prediksi terkait dengan perkembangan mata uang kripto termasuk salah satunya adalah untuk Chainlink. 

Prediksi Simon Dedic

Simon Dedic yang merupakan seorang analis kripto dan co-founder dari Blackfyre menuliskan bahwa menurut analisisnya, potensi harga yang akan dimiliki oleh Chailink pada rentang tahun 2021 hingga 2024 adalah mampu mencapai angka $200. Prediksi ini dilandasi dengan tingkat popularitas dan pertumbuhan Chainlink yang memang cukup menjanjikan.

Prediksi Bitboy Cripto

Bitboy Crypto adalah seorang Youtuber yang membahas terkait dengan seluk-beluk mata uang kripto dan perkembangannya. Youtuber ini memprediksikan bahwa harga dari Chainlink bisa saja menembus angka $2.700 di masa mendatang meski harus memenuhi sejumlah persyaratan dan kondisi. Namun prediksi ini tetap menjadi salah satu yang menarik untuk disimak.

Prediksi Harga Chainlink Untuk Tahun 2025

Selain memberikan prediksi pada rentang tahun 2021-2024, banyak juga para pemerhati kripto yang berspekulasi mengenai harga Chainlink di tahun 2025 mendatang. Berikut adalah beberapa orang yang memberikan prediksi mereka terkait dengan perkembangan harga kripto Chainlink di pasaran.

Prediksi DigitalCoin Price

Menurut apa yang disampaikan oleh lembaga ini, hodler LINK tetap harus bersiap dengan tingkat volatilitas yang cukup tinggi dari dinamika pasar kripto. Digital Coin Price memprediksikan bahwa harga Chainlink pada tahun 2025 mendatang adalah pada kisaran nilai $41.19 untuk nilai harga tertingginya sedangkan untuk harga terendahnya pada kisaran $10.15.

Prediksi Crypto – Rating

Sebagai situs portal yang berkecimpung dalam dunia kripto, Crypto-Rating juga tidak ketinggalan untuk memberikan prediksi-prediksi terkait dengan perkiraan harga Chainlink di tahun 2025 mendatang.

Baca Juga  Sama-sama Berlogo Anjing, Perbandingan Dogecoin Dan Shiba Inu

Menurut prediksi yang disampaikan portal tersebut, dalam kurun waktu 5 tahun, harga koin akan melambung hingga 3.586.33% yang membuat harga Chainlink bisa berada pada kisaran $312.63. Meskipun sejarah kripto Chainlink, dan prediksinya ini terlalu ‘bagus’ namun nilai ROI Link yang mencapai 5.294,67% membuatnya menjadi prediksi yang sangat menarik.

Prediksi Harga Chainlink di Tahun 2030

Banyak pihak yang memprediksikan bahwa perkembangan kripto akan terus mengalami perkembangan hingga dekade mendatang. Hal ini dikarenakan semakin terbukanya akses dan perkembangan internet digital yang semakin pesat dan juga canggih termasuk Chainlink yang diprediksikan oleh salah satu situs akan menjadi koin kripto yang menarik di 2030 mendatang.

Prediksi CryptoCurrencyPrediction

Sebuah situs website yang mengulas tentang mata uang kripto cryptocurrencypriceprediction.com memberikan estimasi bahwa harga dari Chainlink pada tahun 2030 mendatang adalah berada pada kisaran $111,1621 – $126,9465 untuk harga sepanjang tahun 2030. Namun mereka juga memprediksikan bahwa LINk akan mencapai $50 dengan estimasi terendah $30.

Demikianlah pembahasan mengenai sejarah kripto Chainlink, dan prediksinya yang perlu Anda ketahui. Berbekal dengan adanya ulasan yang telah disampaikan tersebut kini Anda bisa semakin mengenal dan memahami terkait dengan serba-serbi mata uang kripto Chainlink yang kini mulai populer di bursa kripto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *