Tips Bisnis Agency Content Creator

Mengenal Bisnis Agency Content Creator serta Tugas dan Jenisnya

Diposting pada


Unsplash.com

Dengan segalanya yang beralih ke dunia digitalisasi, perbisnisan ataupun pemasaran pun ikut beralih ke dunia online, disinilah peran Agency Content Creator dimulai. Apa itu Agency Content Creator? Simak penjelasan di bawah ini untuk mengenal bisnis Agency Content Creator

Mengenal Bisnis Agency Content Creator

Dengan semakin trendnya kehidupan dunia digital, membuat segala Sesuatu berpindah ke dalam jaringan, salah satunya terkait perbisnisan. 

Setiap perusahaan yang ingin membangun brand awareness terkait produk dan brandnya maka dibutuhkanlah sebuah agensi, khususnya Agensi Content Creator

Agency Content Creator atau dikenal juga dengan sebutan agen pemasaran konten yang mana mereka merupakan jasa yang menyediakan layanan perihal konten ke dalam berbagai bisnis untuk meningkatkan kehadiran online mereka.

Bahkan tak sedikit dari mereka yang melakukan kerja sama dengan Agency Content Creator dalam melakukan promosi, iklan, ataupun sebatas memperkenalkan produk dan jasanya kepada calon konsumen. 

Hal ini bentuk upaya agar brand dan produknya semakin meningkat dalam penjualan atau target pemasarannya.

Di era digital seperti ini agensi Content Creator sangat banyak dicari oleh para pengusahawan, sehingga tak heran perkembangan bisnis ini pun semakin pesat. 

Nah bagi Anda yang ingin mencoba buka bisnis perihal konten, bisnis Agency Content Creator bisa jadi pilihan.

Ketahui 5 Tugas Content Creator

Dari penjelasan diatas, adapun tugas utama yang dimiliki oleh Agency Content Creator diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Membuat Konten Menarik

Tugas yang utama Content Creator adalah membuat konten semenarik mungkin. Pasalnya tujuan dari konten tersebut adalah menarik perhatian konsumen.

Hal ini pun disebutkan oleh penelitian Hubspot bahwa 82% bisnis di dunia pada akhir tahun 2021 menggunakan konten untuk menarik perhatian para calon konsumen.

Hal inilah menjadikan tugas Content Creator menjadi lebih krusial.

Baca Juga  Ingin Bisnis Franchise Di Bawah 5 Juta, Cek Pilihan Ini Untuk Keuntungan

Bukan hanya membuat konten, seorang Content Creator pun harus memiliki jenis dan tema konten yang sesuai dengan selera pasar. Sebab, keberhasilannya ini promosi yang dilakukan melalui konten akan semakin berhasil.

Unsplash.com

  1. Membangun Konsistensi Branding

Bukan hanya membuat konten menarik, Content Creator pun harus memiliki kemampuan dalam merealisasikan strategi melalui karya yang semenarik mungkin.

Contoh penerapannya dapat dilihat dari penggunaan font, warna, tone, dan lainnya yang sesuai dengan brand perusahaan.

 Dengan ini Content Creator pun ikut andil dalam menciptakan dan mempertahankan branding perusahaan.

  1. Membantu Perusahaan Terlihat Expert

Bukan hanya membuat konten yang berkualitas dan menghibur melainkan juga memberikan edukasi pasar.

Dengan konten tersebut, konsumen yang tidak paham mengenai produk perusahaan, jadi lebih mengenalnya dan tertarik untuk membelinya.

  1. Mengelola dan Membuat Strategi Konten

Tugas Content Creator lainnya ialah mengelola konten dan media serta membuat strategi konten yang sesuai dengan karakteristik media di mana konten tersebut dipublikasikan.

Sebab, tanpa memperhatikan strategi, konten tidak dapat generate hasil sesuai keinginan.

  1. Membantu Konten Ditemukan Dengan Mudah

Dalam tugasnya membantu konten tersebut ditemukan dengan mudah, maka Content Creator akan menggunakan strategi untuk mewujudkannya seperti menggunakan SEO, hastag, atau berusaha masuk ke FYP Tiktok.

‍dengan semakin mudah ditemukan, akan semakin lebih luas dikenal oleh banyak pengguna internet.

Demikianlah tugas dari Agency Content Creator yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

Jenis-jenis Content Creator

Setelah Anda mengenal bisnis Agency Content Creator dan tugasnya, selanjutnya Anda harus mengenali jenis-jenis Content Creator yang bisa Anda jadikan pilihan sebagai bisnis Content Creator.

Istock.com

The Writer

The writer atau penulis merupakan Content Creator yang paling jelas dibandingkan dengan jenis lainnya. 

Baca Juga  5+ Tips dalam Memulai Bisnis Event Organizer yang Menjanjikan!

Di mana seorang Content Creator ini menyediakan jasa tulis. Ada banyak tipe tulisan yang diburu mulai dari artikel copywriting, landing page, dan artikel yang informatif.

Mereka hanya duduk dan mengetikan kata demi kata yang menggambarkan segala aspek yang harus dikomunikasikan oleh perusahaan.

Semisalnya, perusahaan ingin mengenalkan produk barunya, maka penulis akan mendeskripsikan produk tersebut dengan lengkap dan menarik.

Manfaatnya tulisan ini dapat dibagikan atau diunggah hampir di segala platform online yang ada.

The Speaker

The speaker atau pembicara ialah tipe Content Creator yang senang dan betah dalam membicarakan apa yang diketahuinya.

Biasanya the speaker akan menikmati kesempatan berbagai pengetahuan mereka dengan orang lain, tipe Content Creator ini umumnya komunikator verbal yang pandai berbicara dan sangat jelas.

Jenis konten the speaker akan sangat tepat untuk pemasaran video sebab memiliki keterampilan yang luar biasa.

Bagi Anda yang pandai dan terampil dalam public speaking ini bisnis Content Creator the speaker bisa jadi pilihan tepat. the speaker pun biasanya sangat berikatan dengan Content Creator Youtube.

The Visualiser 

Jenis Content Creator selanjutnya ialah The Visualiser. Visualiser ialah individu yang menggunakan gambar dalam menjelaskan suatu konsepnya.

Sederhananya ialah jasa Content Creator Tiktok, mereka menjelaskan konsep dengan gambar sehingga para penonton bisa memahaminya dengan lebih mudah.

Tipe Content Creator ini mengubah jenis konten menjadi gambar yang jelas dalam menyampaikan pesan yang lebih jelas.

Pada istilah bisnis, Content Creator ini menggambar setiap ide konsep yang tertanam pada apa yang ditawarkan oleh perusahaan, dengan ini mereka mengekspresikan merek dengan konsisten secara optic.

The visualiser pun berlaku pada jenis model Content Creator Tiktok.

The Networker 

Jenis Content Creator terakhir ialah The Networker atau penggiat jaringan. The Networker ini biasanya merasa paling nyaman saat berbaur dengan individu yang satu frekuensi atau berpikiran sama dalam memberikan aliran ide, anekdot, dan spekulasi. 

Baca Juga  9 Pilihan Franchise Makanan di Bawah 10 Juta untuk Bisnis Anda

Mereka akan terus mengembangkan jaringan profesional mereka, sederhananya The Networker adalah pembuat konten yang memiliki anggapan untuk berbagi pelajaran dan ajaran sebagai kesempatan yang tak ternilai.

Nah itulah keempat jenis Content Creator, jadi diantara keempat Content Creator di atas, mana yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki?

Gaji Content Creator

Anda yang ingin memulai bisnis Content Creator mungkin akan bertanya-tanya dahulu mengenai gaji atau upah yang didapat. 

Pada dasarnya gaji Content Creator tidak dapat diukur sama rata, sebab beda konten yang dibuat mempengaruhi gaji yang didapat.

Sesuai penelusuran penulis, rata-rata gaji Content Creator ada yang menyebut rata-rata 1 juta hingga 2 juta ada pun yang menyebut antara 3 hingga 10 juta. Perbedaan angka ini dipengaruhi oleh job, klien atau perusahaan itu sendiri.

Bahkan, pernah melihat pula loker content writer dengan upah yang diberikan mulai dari 900 ribuan saja. 

Namun, kembali lagi pada tingkat kesulitan job dan kelengkapan job lainnya. angka gaji ini pun dapat berkembang atau berubah-ubah seiring dengan waktu dan kebutuhan para pencari Content Creator. 

Setelah mengetahui nilai gaji ini apakah Anda masih mau untuk membuka bisnis Content Creator?Demikianlah penjelasan mengenal bisnis Agency Content Creator. Dengan ini semoga dapat membantu Anda yang ingin memulai bisnis Content Creator.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.